Hati-hati ! bila anak-anak mengakses facebook tanpa bimbingan dari orang tua

London - Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun gemar mengakses Facebook. Namun bahaya mengintai anak-anak di bawah umur yang sudah senang memakai jejaring sosial terbesar dunia itu.

Menteri Anak Inggris, Tim Loughton menilai anak di bawah umur 13 tahun belum boleh menggunakan Facebook karena mereka bisa diincar oleh penjahat seks. Ia pun menyalahkan orang tua yang malah membantu anaknya membuat akun Facebook. 

"Anda sedikitnya harus berusia 13 tahun untuk punya Facebook. Dari pengalaman pribadi, saya dan Anda tahu godaan terhadap anak untuk membuat akun Facebook. Dan di beberapa kasus, mereka malah dibantu orang tuanya," tutur Tim.


Dikutip detikINET dari DailyMail, Kamis (26/4/2012), Tim meminta orang tua mengawasi anak-anaknya kala online, termasuk dalam penggunaan Facebook. Terutama jika usia mereka belum memadai.

Pihak Facebook sendiri mengaku sulit menghentikan lonjakan anak di bawah umur 13 tahun yang mengakses situsnya. Terlebih karena orang tua justru membantu mereka.

"Ini adalah masalah dan kami belum menemukan solusinya. Apa yang mencemaskan saya adalah orang tua membantu anak berbohong tentang umurnya dan anak jadi tidak terlindungi," kata Simon Milner, direktur kebijakan Facebook Inggris.

Anak-anak dinilai belum sadar bahaya di Facebook, misalnya dengan memposting foto agak terbuka. Para pedofilia bisa melihatnya dan menggoda anak-anak tersebut untuk bertemu di dunia nyata.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »